Apa itu Sandi Pramuka



Sandi di dalam Kepramukaan adalah salah satu media pembelajaran yang baik bagi peserta didik baik pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega karena dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi.
Pemakaian sandi dalam menyampaikan ilmu pun harus disesuaikan dengan golongan pramuka itu sendiri sehingga dapat diterima dengan mudah namun tujuan dari pembelajaran itu tetap tercapai. Ada banyak macam-macam sandi dalam kepramukaan dan kedudukannya pun tidak harus baku, sehingga nama, jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.
RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang dapat penulis bahas melalui makalah ini, antara lain:
1.    Apakah pengertian Sandi dan apa Saja Jenisnya?
2.    Bagaimanakah Bentuk dan cara penulisannya?
3.    Bagaimanakah Penggunaannya?
4.    Contoh kegunaannya?
TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan rumusan masalah yang ada. Maka tujuan yang ingin dicapai adalah:
1.    Mengetahui Pengertian Sandi dan Jenisnya.
2.    Mengetahui Bentuk dan Cara Penulisannya.
3.    Mengetahui Penggunaan Sandi
4.    Mengetahui Contoh Kegunaannya
MANFAAT MAKALAH
Penjabaran dari pembahasan makalah dibawah akan membantu kita (penulis maupun pembaca) untuk memahami tentang sandi. Sandi atau Morse digunakan dalam pramuka. Kegunaan dari morse atau sandi adalah agar suatu pesan tidak dapat dibaca oleh musuh. Pramuka biasanya tidak kenal lelah. Alam adalah dunia mereka, sesuai dengan darma yang melekat dalam hati, yaitu Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
Selain manfaat sandi secara umum, sandi didalam pendidikan kepramukaan juga bermanfaat untuk pembina dalam memberikan pengajaran kepada peserta didiknya khususnya materi tentang sandi.
Tidak kalah pentingnya, manfaat sandi dalam kepramukaan adalah sebagaiintermezzo atau penghilang kejenuhan dalam kegiatan kepramukaan yang sedang berjalan. Ada kalanya peserta didik jenuh dengan materi. Sandi dapat dijadikan penghilang kejenuhan karena beberapa sandi ada yang lucu. Sehingga dengan lucunya sandi dapat digunakan sebagai penghibur.
Manfaat Sandi di dalam Kepramukaan diantaranya.
1.   Salah satu media pembelajaran yang baik bagi peserta didik baik pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega.
2.   Dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi.
3.   Melatih peserta didik agar lebih bertanggung jawab dan mandiri dalam memecahkan masalah.
4.   Dapat mengenal lebih jauh tentang kepramukaan.
5.    
JENIS / PENGERTIAN SANDI
(Buku Saku Pramuka, 2009) Huruf Sandi adalah huruf rahasia. Jadi, huruf sandi itu, sukar dimengerti atau dipecahkan oleh orang yang belum pernah mempelajarinya. Huruf sandi ada beberapa macam, dan tiap sandi ada kuncinya tersendiri untuk membuat dan membacanya atau menterjemahkannya.
Sandi adalah sebuah kata dalam bahasa sansekerta yang artinya adalah rahasia atau menyembunyikan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata persandian yang berasal dari kata dasar sandi adalah rahasia atau kode; definisi sinonimnya dalam bahasa Inggris cryptography, yang berarti pengetahuan, studi atau seni tentang tulisan rahasia Raiman, (1999).
Sandi atau huruf rahasia adalah salah satu materi kepramukaan tentang cara membaca suatu berita dengan menggunakan kode-kode penulisan tertentu.
Dan Sandi Ambalan yaitu karangan atau ungkapan bebas berisi kode kehormatan dan gambaran pernyataan kata hati para pramuka penegak atau pandega di ambalan/ racana.Cipta, rasa, karsa dan cita-cita terasa bermakna bagi para anggotanya, maka dengan adanya sandi ambalan/ racana dapat menunjukan sikap positif dan kreatif dalam kehidupan sehari – hari bagi ambalan/ racana tersebut.